Saturday, June 2, 2012

Malang Tempo Doeloe (MTD) 2012

Tanggal 24-27 mei kemarin ada acara yang rutin digelar pemerintah kota Malang setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari jadi kota Malang. Acara itu namanya Malang Tempo Dulu (MTD) atau kadang disebut juga Malang Kembali.
Hari pertama pembukaan kelihatannya sih rame sekali dan pada setiap malamnya selalu ada pertunjukkan budaya yang berbeda seperti wayang, ludruk, dll. Tetapi aku tidak pernah melihat karena pasti rameeee bangget atau tidak tertarik. Hehe…
Kemarin dua hari kesana, pas hari jumat sore dan hari sabtu sore juga. Dua hari kesana benar-benar berasa seperti langit dan bumi.
Sepulang kerja aku langsung ke stasiun ditemani mbk diah untuk jemput adekku yang niat banget tuh naik sepur (kereta api, red) bela-belain lihat MTD. Nyampe di MTD yang digelar sepanjang jalan ijen, pijet telepon tut tit tat, “kamu dimana?” -- > janjian sama teman, sasmitha. Meskipun namanya agak feminine, tapi dia cowok. Hahaha.. Dia datang bersama temannya dan adiknya yang kuliah di Malang.
Pokoknya intinya yaitu jumat sore itu suasananya sangat santai dan bisa dinikmati (tapi gak ada poto sama sekali). Waktu aku kembali hari sabtu keesokan harinya aku datang jam setengah 4 suasana agak santai tetapi lama-lama menjadi benar-benar ruwet dan rasanya ingin segera pergi dari situ. Huh… Akhirnya aku balik, padahal waktu itu belum jam 5. Really hate crowded!

Sebenarnya MTD ituuu… rameee banget, desek-desekan kalo malem, banyak anak ababil begaul, semua makanan dan barang-barang disitu mahal daripada biasanya, dll. Tapi kenapa koq buanyak banget sih yang datang dan pengen liat???

Mungkin karena atmosfir dan suasana jadul yang mengingatkan kita pada jajanan jaman dulu pas masih sekolah TK atau SD. Terkadang jajanan yang dijual disini sudah susah nemu dipasaran karena tergusur jajanan yang ada jaman sekarang. Lagipula acara ini kan cuma digelar sekali setahun sekali, jadi apa salahnya semua pada pingin lihat. Setahu aku, banyak juga orang-orang dari luar Malang yang lihat acara ini.

Ayo chekidot liat MTD yuukk…


Jajanan apa ajah sih yang ada disana?
Rukem, jipang, satron, jajan sodo, carang mas, kerupuk, de el el.


Serba kacang-kacangan: Kacang tanah, kacang kedelai, kacang melinjo, de el el.


Ini jajanan paling favorit di MTD, buanyak banget yang jual. GULALI...


Ampyang, dari yang kecil sampai yang besar ada disini. Ampyang itu makanan yang terbuat dari gula jawa dan kacang tanah terus dibentuk bulat pipih.


Kerupuk jumbo.


Arbanat.


Aku makan es gandul. Cukup 2.000 rupiah saja. Es gandul tali merang, asik asik…


Jajanan ndeso beud: cenil, lupis, dan kawan2.


Bakso bakar. Bukan cilok. Kalo yang ini makanan yang sudah dimodifikasi, jaman dulu mah kagak ada yang beginian. Harganya 1.000 rupiah pertusuk, aku udah nyoba. Ennnaakkkk…


Selain jajanan, ada juga yang jual kaos-kaos yang bertema Malang Tempo Dulu dan pernak pernik kerajinan tangan, misalnya tas dari anyaman bambu. Ada juga stand kerajinan gerabah yang merupakan UKM yang sedang berkembang di daerah dinoyo, Malang.


Buat yang chapek deh jalan kaki melulu, jangan kuatir. Ada pak kusir yang siap mengajak berkeliling naik delman. Tapi buat yang serius ingin naik delman, mending datang siang karena kalau jalanan MTD rame sampe gak bisa delman lewat, mereka pulang deh.
Waktu itu ada anak yang jalan sambil becanda sama temennya gak tahu kalau ada delman atau bahasa kerennya dokar mau lewat, eh kepalanya di cium kuda deh dari belakang. Hahaha apes betul itu anak. Dia akhirnya cuma bisa meringis menahan sakit.


Delman versi anak-anak. Hewan yang narik bukan kuda tetapi kambing.


Ada juga pameran mobil keren jaman dulu, termasuk mobilnya presiden sukarno.


Selain yang sudah aku sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak jajanan yang lainnya. Ada tebu yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil lalu ditusuk sama bambu kecil, dawet ayu jepara, tahu petis, es degan, warung kopi, ada juga makanan berat yang masih banyak di masa sekarang seperti rawon, soto, bakso, nasi pecel, lalapan, dan lain-lain.
But over all, aku rasa poto-potoku diatas udah lumayan cukup menggambarkan suasana MTD kemarin.
See you soon people.
Chaooo.


2 comments:

a. mayangsari said...

aq ndak diajak, aq blm pernah ksana, ihikssssssss

riska wahyu ehem said...

i'll take you next year chinca...

Post a Comment

 

Blog Template by YummyLolly.com / Header Butterfly by Pixels + Ice Cream