Tuesday, November 1, 2011

Pasien-pasien di mikro

Instalasi mikrobiologi klinik baru saja pindah ruangan dipaviliun anggrek. Tentunya hal itu menyebabkan terjadi beberapa perubahan dibandingkan dengan sistem yang di tempat lama.
Kalau dulu dalam sebulan mengambil sampel diruangan dapat dihitung dengan jari, namun sekarang lebih banyak lagi. Saya bersyukur, dengan begitu maka lebih banyak ilmu pengambilan sampel yang saya peroleh.
Banyak mengambil sampel itu artinya banyak bertemu dengan berbagai macam karakteristik pasien.
Dua minggu yang lalu ada pasien yang cakepnya kebangetaan... Rela deh nunggu ampe gedenya. He-he-he...



Lain lagi, ada pasien anak kecil cewek. Sampel yang diambil urine dari kateter. Karena keteternya tidak tepat, urine-nya keluar tidak melalui selang kateter. Jadi waktu urinnya keluar, oleh ibunya dimasukkan di gelas aqua yang kosong dulu, baru dimasukkan ke botol kultur yang seperti botol balsem. Hanya Tuhan yang tahu itu gelas aqua-nya steril atau tidak.
Waktu kita kasih tau kalau gelas aqua itu mungkin tidak steril dan kalau bisa kencing lagi, ibunya pasien itu udah mau nangis aja sambil cerita dia tadi udah nunggu anaknya kencing berjam-jam sambil berkeliling. Selain itu rumahnya di Pasuruan, jauh dari Malang. Akhirnya... Terpaksa kita terima lah itu sampel..

Pernah juga ada pasien laki-laki udah tua, beliau mau kultur urine dari kateter juga. Biasalah kalau pasien yang dikateter itu rata-rata pakai sarung mungkin supaya lebih gampang bawa-bawa selangnya.
Nah pas aku sama jessi mau ambil sampel di selang kateter itu, eh tiba-tiba bapaknya ngangkat itu sarung tinggi-tinggi. Aduh aduh apa itu didalam sarung.... Alamaaak burungnya keliatan... Hufft, bisa kagak bisa tidur ni ntar malem. He-he-he...

Mungkin banyak yang berpikir kalau semua tenaga kesehatan sudah biasa melihat hal yang "begitu".
Tapi pada kenyataannya: perawat atau tenaga dokter mungkin iya, tapi kami para analis kesehatan yang kerjanya sehari-hari ngerjakan sampel di laboratorium mungkin.... Tidak.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by YummyLolly.com / Header Butterfly by Pixels + Ice Cream